Cerita Competition Zonk (KESEL)

04.07



Bikin Aku Lansung Ilfeel Pokoknya



Hai,
Blog aku x ini agak beda dari biasanya. Like a diary, aku akan cerita tentang pengalaman aku ikut kompetisi yang menurut aku ngga sportif alias ngga sesuai dengan T&C di awal.
Ngga bermaksud menjatuhkan, Cuma aku emang gatel aja mau sharing karena merasa banget ga fair nya dan aku cukup kecewa sedalam dalamnya (aseek..)
Eh tapi seriusan loh.




Langsung aja,
Kompetisi ini diadakan di IGTV/YouTube. Jadi kita bisa upload dengan 2 option tersebut (pilih salah satu). Dan aku memutuskan untuk upload di keduanya.
Ya aku buat YouTube, video yang utama dan IGTV untuk memancing ke YouTube aku.
Yang berpartisipasi disini menurutku ngga terlalu banyak, ya hanya 20an lah. Dalam kurun waktu September 2019 – Januari 2020.

Banner ini competition ada di SETIAP store nya si brand ini.

Udah liat dan udah niat sebenernya pas liat benner nya Cuma aku skip sampai mepet waktu untuk tau siapa aja yang ikutan dan seperti apa.

Long short stories,
aku baca dengan seksama TnC kompetisi ini. Ohiya hadiahnya itu voucher. Mereka kasih hadiah utama berupa voucher travel 10JT dan Voucher brand dia untuk 10 orang pemenang favorit @IDR 250.000 .

Oke sampai sini yaaa mereka memang tidak memberikan hadiah uang tunai. Tapi hadiah utama langsung ke pemenang favorit. Dari 10juta menuju ke 250ribu. Aneh ngga?
Iya aku awalnya juga ngerasa ngga ada yang aneh. Makannya aku ikutan competition ini.

Di setiap campaignya mereka menekankan “Video kreatif dengan viewers/likes terbanyak akan jadi pemenang”
Disini aku kasih beberapa bukti kalo mereka menekankan itu
(Video YouTube)
Video di Youtube di post juga ko di socmed IG nya mereka. Jadi aku ngga kasih unjuk post dari IG ya.
Nah, ini link untuk informasi competition tersebut dari website mereka , official website
KLIK DISINI

Hahaha, jadi ketauan brand nya kan. Ya gimana ya susah juga mau ditutupin. Nanti kan aku harus kasih eviden sesuai dengan opini-opini aku.
Bisa ditonton dulu, biar ngga miss komunikasi dan kalian paham maksudku.





Dari campaignya kalian nangkep lah mereka menenkan apa ya..

Lanjut..
Aku buat video berdurasi 9 menit dengan 9 produk.
Yup, ini emang no endorse, aku beli dengan uang ku sendiri. Ke 9 produk yang aku yakin akan related dengan kebutuhan daily pada umumnya.



Dan, aku juga buat IGTV nya yang sayang sekali ngga bisa aku tunjukin karena aku sudah delete. Yup aku delete karena sangking keselnya pas pengumuman aku ngga pikir Panjang. Jadilah ku hapus. Tapi aku ada screenshootan material pas aku edit IGTV.



Aku edit perpart gitu IGTV nya di aplikasi Mojo App (iOS). Aku buat semenarik mungkin lah. Dan aku jamin ngga ada IGTV yang serumit aku effeknya.

IGTV aku sendiri berdurasi kurang dari 2 menit, dan aku arahkan untuk klik link di bio. Link di bio aku adalah video YouTube untuk kompetisi ini.

Yup, aku cantumkan link di bio aku YouTube video ikut ini selama hampir 2 minggu.

Total insight akhir sebelum aku delete, viewer IGTV ku mencapai 1.800 viewers.

Aku cuma bisa sharing hashtag campaign competition dari mereka, kalian bisa search hashtag ini di instagram ya :
#WatsonsBrand 
#TryMeLoveMe 
#WatsonsID #LoveWatsonsBrand 
Tapi ngga bisa kasih tau siapa aja yang ikutan karena nyampur sama yang ngga ikut competition. Dan ini emang hastag yang selalu di pakai dalam setiap competition loh, ngga spesifik gitu.
Yup, pinter sih. Submission nya dibuat senatural mungkin dan mereka pake hashtag yang gak spesifik ngasih tau “gue lagi ikut competition” gitu dan seakan se-real mungkin.

Kalo dari video aku ya, aku juga bikin senatural mungkin tapi tetap memasukan requierment yang mereka mention. Seperti hashtag, tag, mention, dkk. I do it as well.


9 Produk aku beli itu sekalian aku shoot untuk materi video ini juga. Hmm, apa mungkin disangka review fake x ya(?)
Ya tapi kan aku melakukan nya dengan totalitas dan senatural mungkin.

Shoot pas belanja itu dilakukan di Watsons Kota Kasablanka, ditemenin adek aku yang juga bantuin aku ambil gambar. Semua aku lakukan secara totalitas.

Proses editing itu makan waktu 3 hari. Dan aku ngerjainnya sebelum tidur sampe begadang begadang. Karena emang banyak materinya yang mau dimasukin


Setelah upload, karena di mention like dan view terbanyak, tentu aja ngga aku diemin doang. Aku broadcast ke setiap social media aku :). Untuk minta support dan likenya.

Alhamdulilah postingan aku sampai di 60an komenan dan ratusan likes. Ya karena itu tadi, aku optimis dan berusaha untuk menangin hadiah utama.

Pengumuman pemenang based on their website diumumkan tanggal 20 Januari 2020, hari Senin. 
Tapi saat hari Senin belum ada pengumuman, dan diumumkan tanggal 21 Januari 2020, Selasa. Aku dapet DM sore, jam 4an. Aku diinfo menang untuk video terfavorit.

SHOCK.

Aku udah cek tanggal 19 Januari 2020, kalo aku unggul dalam total viewers dan like di YouTube (untuk peserta YouTube). Tapi kalo di IGTV, aku ngga ngecek sih.
Jujur, aku udah pasrah aja kalau dari peserta IGTV ada viewers or likes yang lebih unggul (atau lebih kreatif) dari aku dan ikhlas kalo dia yang jadi pemenang.

But, the final is...
Pemenangnya diambil dari video YouTube.
Dengan review 2 produk, dan durasi 1 menit.

Jujur.

NYESEK.

Dia vs Gue tuh kaya
1 menit vs 9 menit
2 produk vs 9 produk


Ya Tuhan...

Langsung aja aku kasih video pemenangnya, ini dia..




Bukan sensi dengan yang menang ya.
Tapi jujur disini karya gue dinilai sama yang bikin video standar standar aja, gimana ngga nyesek coba. Dari 10 juta pemenang utama, langsung ke 250 ribu untuk 10 orang.

Aku sempet emosi tinggi dan snapgram ngungkapin kekecewaan bahkan aku mention brand tersebut. Tapi langsung di kontek saat itu juga sama pacarku dan nyuruh langsung di drop, karena takut kena UU ITE. Ya udah aku mah nurut aja, langsung lah aku drop snapgram aku.

Sempet juga aku komplain by DM instagram ke adminnya, dan ini jawabannya ..









See? :)
Coba kalian kasih pendapat, menurut kalian ada yang aneh ngga sih dari competition ini?
Yang kalo temen gue ngasih pendapat nih ya, kaya emang cuma nyari 10 orang video bagus aja untuk dijadiin pemenang dan sebenernya pemenang utama itu 'ngga ada'. You know what I mean?
Atau ada value dari video pemenang yang gue ngga punya? dan tolong nilai video gue dong kalo berkenan.

Sekian cerita dari gue,
maaf jika ada yang menyinggung. Soalnya udah gatel banget ini hati mau sharing.
Kalo ada salah kata mohon maaf ya..
Terimakasih udah baca :)



You Might Also Like

0 comments